Rabu, 29 April 2009

RSU Banyumas Happy Anniversary

Yups. BLUD RSU Banyumas hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke 85. Tentu saja karena Rumah Sakit Umum Banyumas didirikan tahun 1924 tepatnya 30 April 1924 oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan nama resmi Julianna Bugerziekenheis atau Rumah sakit Juliana dan pengelolaannya di bawah pemerintah Hindia Belanda.

Konon ceritanya orang-orang tua, pada jaman dahulu Rumah Sakit Yuliana tersebut tidak menarik biaya dari para pasien. Jadi intinya mereka betul-betul ihlas mengobati masyarakat atau dengan kata lain Rumah sakit itu merupakan kegiatan sosial. Ada juga yang mengatakan bahwa pasien tetap ditagih dan penagihan biaya pengobatan itu via pemerintah desa yang bersangkutan. Akan tetapi tidak pernah ditindak lebih lanjut jika diketahui si pasien itu tidak mampu. (padahal kebanyakan orang tidak mampu! bagaimana mau makmur lha wong dijajah?).

Namanya orang ndeso.. walaupun dikasih gratis pun masyarakat pada jaman itu sangat takut alias enggan untuk berobat ke rumah sakit. Oh ya ada sebuah prosedur unik yang dahulu diterapkan yakni pasien yang masuk Rumah Sakit Banyumas atau Rumah Sakit Yuliana pada waktu itu harus salin dengan pakaian khusus pasien dan TIDAK BOLEH DITENGOK APALAGI DITUNGGUI! Semua dijamin dan diurus oleh pengelola Rumah Sakit Yuliana tersebut. Kalau sekarang jika tidak ditunggui keluarga pasien mungkin pihak keluarga tersebut akan merasa khawatir jangan-jangan si Pasien tidak terurus.

Ada juga kisah lucu dari seorang kakek, bahwasanya banyak pasien yang kabur dari penjara eh Rumah Sakit Banyumas Julianna tersebut setelah badannya terasa mendingan. Dan itu bisa diketahui dari ciri pakaian pasien yang masih mereka kenakan. Wah heboh ya ceiritanya?

Omong-omong sudah sudah jam 9.45 menit waktu Indonesia bagian Barat. Koq, kueh ultahnya belum sampai ke Studio Radio Sehat ya? he he he

Tapi Gpp, meanwhile menjelang Pemilihan Umum Presiden atau Pilpres yang akan datang radio sehat tetap mendukung Kampanye damai pemilu Indonesia 2009 supaya tetap damai dan sejahtera, amin

0 komentar:

Daftar Blog Keren